Cara Mengatasi Bayi Sungsang Dengan Melakukan Beberapa Gerakan

Cara Mengatasi Bayi Sungsang Dengan Melakukan Beberapa Gerakan

Cara mengatasi bayi sungsang dapat dilakukan secara alami. Tubuh bagian bawah (yaitu pinggul atau kaki) bayi sungsang berada di jalan lahir, padahal kepala harus keluar terlebih dahulu. Bayi sungsang kemungkinan mempersulit persalinan, jadi operasi caesar diperlukan.

Untuk mengatasi masalah ini, biasanya postur tubuh bayi diturunkan dengan bantuan dokter yang berpengalaman. Namun, Anda juga dapat melakukan tindakan berikut untuk memulihkan postur bayi tanpa bantuan medis.

Posisi Untuk Mengatasi Bayi Sungsang

  1. Posisi berlutut dengan kedua tangan

Letakkan telapak tangan dan lutut di lantai, lalu buat posisi rahim lebih tinggi dibandingkan kepala seperti sedang bersujud. Dalam posisi ini, ayunkan maju mundur perlahan. Lakukan selama 5-15 menit. Anda juga bisa memakai penyangga agar lebih nyaman dan lantai yang telah menggunakan karpet. Lakukan dua kali sehari.

  1. Posisi telentang

Gunakan matras yoga atau karpet di lantai dan berbaringlah. Tempatkan bantal di bawah pinggul Anda sehingga perut lebih tinggi dibandingkan kepala Anda. Jika kepala dirasa kurang nyaman, bantal juga dapat digunakan kepala asalkan jumlah bantal di bawah pinggul ditingkatkan untuk menjaga postur tetap di atas kepala.

Cara mengatasi bayi sungsang berikutnya yaitu menarik napas perlahan dan juga dalam-dalam. Cobalah untuk rileks sebanyak mungkin dan pertahankan posisi ini selama 15 menit. Lakukan tiga kali sehari. Jika perut Anda kosong dan bayi aktif, hasilnya akan lebih efektif.

  1. Posisi duduk

Duduk tegak sambil memeluk lutut agar membuka area panggul sehingga bayi akan lebih mudah berpindah posisi ke jalur lahir.

  1. Posisi push-up

Posisi ini sulit, jadi Anda harus meminta orang lain untuk membantu Anda. Triknya adalah dengan membuat tubuh Anda menghadap ke lantai dengan lurus. Letakkan kaki di kursi atau bantal sehingga kaki akan lebih tinggi dibandingkan kepala. Minta bantuan agar tidak terjatuh, dan letakkan juga bantal agar bisa beristirahat saat lelah dan perut tidak menyentuh lantai. Tahan posisi ini selama 30 detik, lalu ulangi 3 kali.

Gunakan Ini Untuk Mengatasi Bayi Sungsang

  1. Menggunakan benda dingin

Beberapa ahli percaya bahwa jika bayi merasa kedinginan, ia akan merasa tidak nyaman dan menjauhinya. Oleh karena itu, mohon bungkus sayuran beku atau es batu dengan kain. Letakkan di atas rahim yang akan memutar bayi ke arah yang berlawanan.

  1. Menggunakan suara

Saat bayi sudah mendekati masa-masa lahir, ia akan memberikan respon ke suara yang didengar di dalam rahim. Memutar musik klasik dapat merangsang bayi Anda untuk bergerak ke arah suara. Meminta suami Anda untuk berbicara dengan bayi juga dapat membantu. Pastikan suami berbicara dekat dengan dasar rahim sehingga kepala bayi dapat bergerak mendekatinya.

Sebelum masuk ruang persalinan, pastikan bayi dalam posisi sungsang atau tidak. Kemudian diskusikan metode persalinan terbaik dengan dokter Anda. Kalaupun bayi dalam posisi sungsang, sang ibu tetap bisa melahirkan dengan normal.

Tentunya di bawah perhatian dokter, mereka memiliki pengalaman yang cukup dalam cara mengatasi bayi sungsang yang akan lahir, dan kondisi ibu serta bayinya dapat dilahirkan dengan normal. Setelah si kecil lahir dan telah siap menerima MPASI, berikan nutrisi tambahan yang cukup seperti susu formula dari Bebelac sesuai dengan usia si kecil.