7 Aspek Penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia

Aspek Penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia

ADWI atau Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021 saat ini tengah berlangsung. Pihak pemerintah atau Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah terus menggodok kematangan program unggulan satu ini. Perlu diketahui hampir total 2.000 desa wisata di Indonesia mengikuti acara satu ini.

Misalnya saja desa wisata Panglipuran Bali atau juga yang lainnya. Partisipasi yang mereka ajukan tersebut pada langkah selanjutnya tentu akan mengalami beberapa aspek penilaian untuk menentukan siapa yang paling terbaiknya. Beberapa patokan aspek penilaian yang digunakan dialah sebagai berikut.

7 Aspek Penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia

Aspek Homestay

Beberapa desa untuk destinasi wisata yang terbaik nantinya tentu akan mendapatkan dukungan total dari pemerintah untuk melakukan optimalisasi. Bertujuan untuk semakin banyak mendatangkan wisatawan. Nah aspek untuk penyediaan homestay yang layak tentunya menjadi pertimbangan yang cukup penting.

Pemerintah juga akan terus mendorong dengan bekerja sama bersama pihak terkait untuk terus mengembangkan sumber daya manusia di desa tujuan wisata tersebut agar lebih maksimal. Terkait dengan bagaimana menyuguhkan layanan bagi wisatawan dengan jauh lebih profesional maupun luwes.

Aspek Toilet

Ketersediaan toilet untuk desa destinasi pariwisata juga merupakan kebutuhan yang amat penting. Kelayakan serta kebersihan toilet tersebut harus terjamin. Jika ingin menyediakan fasilitas terbaik bagi wisatawan maka kebutuhan akan toilet wajib menjadi poin pertamanya. Toilet ialah kebutuhan yang utama.

Aspek Suvenir

Penting juga bagi banyak desa pariwisata yang mendaftarkan ikut program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 untuk memikirkan suvenir khas yang paling menonjol serta potensial di wilayah tinggal mereka tersebut/ Suvenir serta pariwisata adalah hal yang tak bisa dipisahkan dan saling berhubungan ya.

Rasa-rasanya cukup banyak kok potensi kerajinan lokal yang memang layak untuk diberi panggung agar bisa bersaing dengan produk berkualitas yang lainnya. Hal ini merupakan aspek penting untuk bisa menaikkan roda ekonomi khususnya pada wilayah pedesaan dengan keunggulan wisata yang dominan.

Aspek Desa Digital

Adaptasi untuk penerapan desa digital ini juga amat penting dilakukan. Menyesuaikan dengan perkembangan zaman maka pedesaan basis pariwisata ini juga harus mulai merambah layanan digitalisasi untuk beragam kebutuhan masyarakat. Aspek desa digital ini memaksimalkan efisiensi sehingga praktis.

Di era digital ini peluang serta persaingan semakin terbuka lebar. Jika ingin ikut masuk ke dalam jajaran destinasi yang diperhitungkan maka tak ada salahnya untuk bisa mengimbangi juga kebutuhan pengunjung dengan layanan yang memudahkan. Meskipun di desa sekarang bukan alasan untuk sulit tak bisa maju.

Aspek CHSE

CHSE atau disebut juga sebagai Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability. Sertifikat CHSE ini akan dikeluarkan resmi oleh pemerintah untuk beragam destinasi wisata yang memang telah memenuhi persyaratan. Sehingga keamanan serta kenyamanan wisatawan akan jauh lebih terjamin lagi.

Terlebih di masa pandemi barangkali ada cukup banyak orang yang masih khawatir untuk melakukan pelesir ke beragam destinasi wisata. Namun jika banyak tempat tujuan wisata menerapkan protokol kesehatan yang profesional maka bukan tak mungkin banyak wisatawan mulai tergerak lagi untuk datang.

Aspek Konten Kreatif

Era digitalisasi semakin meningkat maka peran anak muda yang paham tentang teknologi juga amat penting pula. Era digitalisasi bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi atau kampanye pariwisata. Tentunya dengan mengangkat banyak ide konten menarik yang memunculkan keunggulan tempat wisata.

Aspek Daya Tarik

Bicara mengenai daya tarik sebuah destinasi wisata pedesaan tentu erat kaitannya dengan kolaborasi sumber daya yang memang oke. Baik itu masalah sumber daya alam maupun persoalan sumber daya manusianya. Indonesia banyak diberkahi Tuhan dengan panorama yang memang alamiah menawan ya.

Namun untuk bisa bersaing dengan destinasi wisata apalagi yang sekelas internasional tentu saja pengoptimalan sumber daya manusia juga penting dilakukan. Mulai sekarang pemerintah akan terus berfokus untuk mendorong pemaksimalan sumber daya tersebut demi mendongkrak wisata pedesaan ya.

Ajang Anugerah Desa Wisata diklaim oleh pihak pemerintah sebagai salah satu opsi usaha untuk semakin meningkatkan produktivitas pergerakan ekonomi sektor wisata berbasis pedesaan. Program ini menjadi penting realisasinya demi semakin terwujudnya pedesaan wisata yang berpotensi didatangi banyak turis.