3 Cara Mengatasi Sinusitis Pada Anak

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Anak

Penyakit sinusitis sudah tidak asing didengar oleh masyarakat Indonesia, sinusitis sendiri sangat mengganggu dan benar-benar membuat tidak nyaman bagi penderitanya. Namun siapa sangka penyakit ini juga dapat terkena pada anak-anak. Sinusitis pada anak tentu akan membuat mereka akan merasakan ketidaknyamanan yang luar biasa dan merengek.

Pengertian sinusitis sendiri adalah terjadinya infeksi bakter yang disebabkan oleh jamur atau virus. Apabila orang yang tidak mengerti akan menganggap sinusitis ini adalah gejala pilek dan flu yang terjadi pada umumnya, untuk memahami secara lebih jelas, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan nya secara lengkap.

Mengatasi Penyakit Sinusitis

Apabila Anda sering menemui anak-anak mengalami pilek atau flu yang tidak kunjung sembuh dan sering mencium bau mulut yang tidak enak, bisa jadi itu gejala sinusitis. Dalam tahap ini Anda perlu memperhatikannya dan memberikan tindakan tertentu, berikut ini ada beberapa hal yang dapat diperhatikan, yaitu :

1. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala sinusitis pada anak adalah memberikan konsumsi air putih secara banyak. Karena kandungan cairan dapat dan ampuh dalam mengobatinya. Memberikan air putih yang cukup tersebut dapat memudahkan lendir akan keluar dari hidungnya, tindakan ini sangat penting untuk dilakukan.

Dalam tahap ini hindari untuk memberikan anak Anda teh atau minuman panas lainnya yang mengandung kafein, karena itu akan menghambat. Selain air putih, Anda dapat meracik air hangat dengan perasan lemon dan madu, tidak lupa juga untuk menambahkannya jahe. Hal itu akan menyegarkan dan membuat lendir mudah keluar.

2. Lakukan Tindakan Semprot Hidung

Tindakan ini terkadang untuk beberapa anak-anak akan merasa tidak nyaman, namun apabila kondisinya sudah tidak nyaman dan membuat menderita tidak ada salahnya untuk dilakukan. Karena tahap ini sangat ampuh dan memberikan bantuan yang baik untuk meredakan hidung yang mengalami sumbatan.

Proses ini sebenarnya dapat Anda lakukan secara mandiri dirumah, jika si kecil mengalami sinusitis dapat mencobanya untuk melakukan proses penyemprotan. Caranya sangat mudah, Anda tinggal meracik seliter air dan dicampur sesendok garam. Lalu campuran tersebut dimasukan pada semprotan yang steril dan dapat melakukan penyemprotan.

3. Memberikan Obat

Apabila beberapa tindakan tidak memberikan hasil yang baik dan meredakan gejalanya, Anda dapat memberikan si kecil obat yang sudah sesuai resep dokter. Dalam tahap ini Anda tinggal menentukan obatnya saja. Apabila anak-anak mengalami sinusitis, karena bakteri dapat memberikan beberapa obatan antibiotik dan obat pilek.

Jika sinus nya diakibatkan alergi, dapat menggunakan obat anti alergi dan pastikan si kecil melakukan istirahat secara cukup dan kualitas tidur yang baik. Karena hal tersebut akan membantu kesembuhannya.

Semoga informasi diatas dapat Anda pahami dan mudah dimengerti, karena ketika melakukan pernikahan & seks, lalu mempunyai anak harus siap dengan konsekuensi untuk merawat.