Tips Mendapatkan Hasil Maksimal dari Jualan Online

Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan melakukan proses penjualan online entah itu dengan menggunakan media apa saja seperti membuat toko online sendiri, atau menggunakan aplikasi toko online atau melakukan pemasaran digital dengan cara yang lainya.

Nah ini dia kami akan bahas sedikit trik dan tipsnya.

Memutuskan apa yang akan dijual di toko online

Point pertama ini sendiri ada dua pilihan dimana yang pertama adalah pilih arah yang populer dimana anda tidak akan mendapatkan keuntungan tinggi dan mungkin potensi terjual tinggi, tetapi anda akan mendapatkan kerumunan banyak pesaing yang telah lama menjual barang tersebut.

Atau anda memilih produk yang tingkat persainganya rendah, atau ini adalah jenis produk yang sedikit diketahui atau hampir tidak akan ada pesaing, tetapi anda harus berinvestasi dalam periklanan untuk mempopulerkan produk anda di pasar. Dua hal ini harus anda pikirkan dengan matang.

Namun, ada beberapa celah. Jika anda memilih metode pertama, ambil topik yang sempit. Misalnya, bukan busana wanita pada umumnya, melainkan gaun khusus. Ya, tidak sederhana, tapi, katakanlah, gaun wanita pantai misalkan, kemudian batik rajut yang dibuat dengan cara manual dan ini akan mendapatkan pelanggan yang lebih spesifik.

Kemudian cara kedua misalkan anda tidak harus bersain di marketplace, maka bisa jadi anda memanfaatkan tempat promosi lain misalkan menggunakan media sosial atau dari grub whatsup dan lain sebagainya intinya kreatif saja.

Produknya bagus tapi apakah ada peminatnya ?

Misalnya, sekarang hampir tidak ada orang yang tertarik dengan barang barang unik misalkan, nah disini anda bisa mengambil kesempatan dalam melakukan trobosan baru misalkan dalam hal mencari ide untuk mengolah produk tersebut, atau bahkan produk musiman seperti parcel lebaran sebenarnya ini masuk dalam kategori produk bagus tapi dari segi peminat harus anda riset dulu untuk mendapatkan penjualan tinggi.

Mempelajari karkatristik pembeli

Potret audiens target akan sangat berguna bagi anda,  jika anda tidak tahu untuk siapa anda memasarkan produk anda, ada peluang besar apa yang akan anda jual sia sia dan tidak akan mendapatkan pembeli sama sekali.

Misalnya, menjual perabot rumah kepada remaja yang baru lulus sekolah maka ini tentu saja pekerjaan yang sia sia yang harus anda lakukan tanpa ada hasil maksimal, kemudian contoh lain, anda menjual mobil di daerah pedesaan yang kondisi jalanya rusak maka ini sama saja dengan contoh pertama.

Karakteristik audiens target yang perlu anda ketahui ?

  • Gender

Yang pertama adalah dari jenis kelamin, dimana wanita sendiri kebanyakan kalau belanja sekarang ini cendrung beli online, maka semua produk wanita cocok anda pasarkan secara online.

  • Usia

Setiap generasi memiliki prioritas dan perilakunya sendiri. Generasi yang lebih tua memilih dengan bijaksana, mereka takut untuk membayar lebih, dan umumnya tidak mempercayai Internet.

Pembelian tersebut menjadi sebuah peristiwa, yang artinya akan membutuhkan waktu yang lama dan kerja keras untuk mengarahkan klien ke sana.

Anak muda, sebaliknya, sangat mobile dan spontan: pembelian di toko online bukanlah sebuah hal aneh bagi mereka.

  • Kondisi keuangan

Orang berpenghasilan rendah memilih apa yang lebih murah, dan cendurung mencari promosi, maka jika anda menargetkan ini pilih produk yang murah dan berikan embel embel promosi. Sedangkan orang kaya maka kami sarankan utamakan produk yang berkualitas.

  • Temukan pemasok

Nah yang terakhir adalah kami sarankan anda untuk menumkan pemasok utama dari produk yang akan anda pasarkan dengan demikian anda akan mendapatkan banyak margin harga yang tentu saja akan bedampak pada penjualan anda nantinya.