Tips Dasar Cara Merawat Bayi Baru Lahir untuk Pasangan Muda

Tips Dasar Cara Merawat Bayi Baru Lahir untuk Pasangan Muda

Memiliki momongan baru menjadi sebuah kebahagian bagi para keluarga baru. Hal ini bisa menjadi sebuah pengalaman yang sangat mengesankan. Setelah mengandungnya selama sembilan bulan, tugas selanjutnya adalah merawat bayi tersebut. berikut ini adalah sedikit tips dasar tentang cara merawat bayi baru lahir untuk para pemula.

1. Menyusui

Hal terpenting yang perlu untuk diketahui dalam merawat bayi baru lahir adalah tentang menyusui. Pada intinya, susu adalah makanan utama dari bayi, oleh karenanya jangan sampai terlambat untuk memberikannya. Pemberian susu bisa Anda berikan setiap dua jam sekali, metode ini bisa Anda lakukan hingga bayi berumur 6 bulan.

ASI (Air Susu Ibu) merupakan satu-satunya gizi yang bisa diterima oleh bayi. Jadi, jangan sampai Anda memberinya makanan lainnya, karena akan sangat berdampak buruk pada bayi. Pemberian susu bisa dilakukan selama sekitar 10 menit, atau sampai bayi melapas sendiri yang menandakan bahwa bayi telah kenyang.

2. Membuat Bayi Sendawa

Adanya udara yang ikut tertelan saat menyusu akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Akibatnya, bayi akan rewel dan tidak bisa diam. Anda bisa membantunya untuk bersendawa dengan cara digendong dan meletakkan dada bayi pada dada ibu, lalu letakkan dagu bayi di atas pundah ibu.

Anda bisa melakukannya dengan duduk agar lebih nyaman dan lebih seimbang. Tambahkan dengan sedikit tepukan lembut pada punggung bayi sampai ia bersendewa. Lakukan hal ini selama satu sampai dua menit saja, jika memang belum bersendawa, Anda tidak perlu memaksakannya.

3. Mengendong Bayi

Tidak semua ibu bisa langsung lancar dalam mengendong bayi, karena dalam melakukan hal ini sangat memerlukan kehati-hatian. Pada intinya, saat akan mengendongnya Anda harus menopang pada bagian leher belakang bayi. Sampai usia 3 bulan Anda harus selalu menjaganya dengan baik, hingga ia bisa menopang kepalanya sendiri.

4. Merawat Tali Pusar

Hal lain yang tidak boleh luput adalah merawat tali pusar bayi. Anda harus memastikan tali pusar bayi selalu dalam kondisi yang bersih agar terhindar dari infeksi. Caranya sebenarnya juga sangat mudah, Anda bisa membersihkannya menggunakan kain kasa steril. Namun pastikan terlebih dahulu tangan Anda juga sudah steril.

5. Memandikan Bayi

Kebersihan bayi tentu harus selalu terjaga, oleh karenanya Anda juga harus bisa memandikannya secara mandiri. Pastikan semua perlengkapan mandi yang digunakan adalah produk yang khusus untuk bayi. Saat mandi, Anda juga memerlukan air hangat untuk memandikannya. Setelah selesai segera keringakan badan dengan handuk yang lembut dan bersih.

Itulah tadi sedikit tips dasar cara merawat bayi baru lahir untuk para keluarga muda. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat review tentang perawatan bayi baru lahir dan berkonsultasi dengan dokter anak.

shares