Tidak Ingin Salah Jurusan? Berikut Ini Tips Memilih Jurusan Yang Tepat

Tips Memilih Jurusan Yang Tepat

Bagi anda yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tentu hampir sebagian besar dari anda akan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang menyajikan artikel informasi pendidikan bukan? Tak bisa dipungkiri, ketika anda sudah memasuki kelas 12 maka pikiran anda mungkin akan terbagi=-bagi oleh banyak hal bukan?

Selain memikirkan diri untuk focus pada kelulusan, anda pastinya juga akan berfikir untuk bisa masuk universitas terbaik dengan jurusan yang anda inginkan bukan? Perlu anda ketahui apabila memilih jurusan saat kuliah tidak semudah dalam membalikkan telapak tangan loh. Jika anda salah dalam memilih jurusan maka dijamin anda tidak akan bisa menikmati masa-masa kuliah anda.

Tips memilih jurusan kuliah

Pastinya anda juga akan tahu bukan apa akibat yang ditimbulkan apabila anda salah dalam memilih jurusan? Tentu akan berdampak buruk bagi anda bukan? Untuk itulah sebelum anda memilih jurusan saat kuliah, anda harus berhati-hati dalam memilih jurusan tersebut. Berikut ini artikel informasi pendidikan yang akan membantu anda dalam menemukan jurusan terbaik untuk anda.

  1. Ikuti passion anda

Kunci keberhasilan anda ketika memilih jurusan kuliah adalah anda bisa mempertimbangkan untuk memilih jurusan berdasarkan apa yang benar-benar anda sukai. Jangan sampai anda memilih jurusan hanya karena jurusan tersebut sedang ngetren atau menjadi jurusan yang terdengar wah.

Tapi sebaiknya anda bisa mengikuti kata hati anda sendiri yaitu dengan memilih jurusan berdasarkan passion yang anda miliki. Sebagai contohnya apabila anda menyukai dunia desain maka anda bisa langsung memilih desain grafis.

  1. Cobalah untuk selalu memahami potensi yang anda miliki

Selain itu, anda juga bisa mencoba untuk mengenali potensi yang ada pada diri anda tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan pasalnya biasanya potensi yang ada didalam diri anda mungkin tidak sejalan dengan passion yang anda miliki.

Sebagai contohnya apabila anda mempunyai minat dengan pekerjaan menjadi programer tapi ternyata anda mempunyai kemampuan menghitung yang baik maka sebaiknya anda bisa memilih jurusan matematika ataupun akuntansi.

  1. Hindari mengikuti pilihan teman anda

Tak bisa dipungkiri apabila dalam pemilihan jurusan seseorang mungkin tidak punya pendirian. Oleh sebab itulah, ini membuat mereka akhirnya mengikuti pilihan dari teman. Padahal sebenarnya cara ini sangat salah. Terlebih lagi jika anda tidak benar-benar memahami jurusan yang sudah dipilih oleh teman anda tersebut.

Disinilah, sebaiknya anda bisa menghindarkan diri anda untuk mengikuti pilihan yang sudah teman anda buat tersebut. Kembali ke poin pertama dan kedua dimana anda harus memilih jurusan berdasarkan passion ataupun potensi yang anda miliki.

  1. Cobalah untuk mencari akreditasi jurusan

Jangan sampai lupa ketika anda membaca artikel informasi pendidikan, anda juga harus mencari tahu akreditasi dari jurusan yang anda pilih tersebut. Terutama apabila anda memilih universitas swasta. Hal ini bukan tanpa alasan karena tingkat akreditasi dari universitas tersebut akan mempengaruhi bagaimana kredibilitas dari jurusan yang anda pilih tersebut.

  1. Jangan lupa untuk memperhatikan peluang kerja setelah selesai kuliah

Terakhir yang tidak boleh anda lupakan adalah pastikan anda juga memperhatikan bagaimana peluang kera dari jurusan yang anda pilih tersebut. Akan lebih baik jika anda memilih jurusan yang mempunyai peluang kerja yang banyak.

Demikian artikel informasi pendidikan seputar tips memilih jurusan kuliah yang wajib anda ketahui. Dengan informasi diatas dijamin anda tidak akan salah jurusan.

shares