Service AC Mobil ketika Ciri-Ciri Kerusakan Ini Terlihat

Service AC Mobil ketika Ciri-Ciri Ini Terlihat

Mobil adalah kendaraan yang sudah banyak digunakan oleh orang-orang. Hal tersebut dikarenakan fungsi dan kegunaan mobil yang sangat membantu kegiatan seseorang. Salah satu keuntungan menggunakan mobil adalah penggunanya tidak akan kehujanan ataupun merasa panas ketika berada di musim kemarau. Hampir semua mobil sudah dilengkapi dengan air conditioner atau AC. Namun, sayangnya fitur tersebut sering mengalami kerusakan oleh karenanya service AC mobil harus segera dilakukan di bengkel AC mobil.

AC mobil yang sedang rusak, biasanya akan mengeluarkan beberapa ciri-ciri yang bisa diketahui oleh penggunanya. Pertama, AC masih bisa dihidupkan, tapi sayangnya tidak bisa memberi kesejukan. Meskipun sudah dihidupkan sejak lama, mobil masih tidak terasa dingin. Selanjutnya, AC mobil yang rusak akan mempercepat proses habisnya freon yang ada. meski sudah diisi, freon menjadi cepat habis. Selain itu, kipas kondensor tidak bisa berfungsi secara optimal atau bahkan tidak bisa berfungsi sama sekali.

Jenis kerusakan yang sering terjadi

Setelah mengetahui ciri-ciri yang telah disebutkan, biasanya tukang servis bisa mengetahui kerusakan apa yang sebenarnya terjadi pada AC mobil.

  1. Kompresor AC mengeluarkan suara

Jenis kerusakan ini ditandai dengan munculnya suara ketika AC mobil dihidupkan. Suara tersebut ada di kap mobil. Ada banyak penyebab yang menimbulkan permasalahan ini. mulai dari jumlah freon yang tidak mencukupi, oli yang kering, kebocoran, piston aus, kompresor longgar dan lain sebagainya. Cara pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan menambah jumlah freon. Bila setelah ditambah suara tidak lagi ada, maka anda tidak perlu mengganti kompresornya.

  1. Kompresi kompresor tidak berfungsi dengan benar

Tanda yang terlihat dari jenis kerusakan ini, yaitu ketika AC mobil dinyalakan, kesejukan atau sensasi dingin dipengaruhi oleh seberapa besar kecepatan mobil. Ketika mobil berjalan lambat, AC tidak akan terasa dingin, tapi ketika mobil berjalan dengan cepat, AC mobil akan terasa dinginnya. Hal ini disebabkan oleh aus pada dinding piston, putusnya klep yang ada di atas piston, atau dikarenakan silinder kompresor yang berkurang.

  1. Freon bocor

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jika jumlah freon selalu cepat habis, maka ada yang bermasalah di AC mobil yang anda miliki. Hal ini biasanya dikarenakan karet freon sudah berada di umur yang tua. Karet tidak lagi bisa berfungsi secara optimal dan mengalami kondisi getas. Biasanya, karet freon semakin bertambah parah bila kendaraan sering digunakan di jalanan yang macet.

Itulah beberapa ciri-ciri AC mobil dan jenis kerusakannya yang sering terjadi. Agar tidak mengalami kerusakan yang cukup parah, lebih baik anda rutin melakukan servis mobil secara menyeluruh. Hal ini juga dilakukan agar anda tidak mengeluarkan biaya yang cukup besar. Bila kerusakan sudah sedari dini terdeteksi, maka anda semakin bisa menekan biaya yang tidak perlu.

shares