Program KPR BTN Subsidi, Permudah Anda Dapatkan Rumah Impian

Program KPR BTN Subsidi, Permudah Anda Dapatkan Rumah Impian

Meskipun kecil, asal rumah milik sendiri, tentu lebih menyenangkan dan nyaman dibandingkan rumah besar tapi mengontrak atau menumpang, kan? Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih ajukan KPR di BTN Properti untuk dapatkan rumah impian mereka. Salah satunya melalui program KPR BTN subsidi yang permudah dapatkan rumah impian!

Apa Itu KPR BTN Subsidi?

KPR BTN Subsidi adalah sebuah program kredit kepemilikan rumah dari BTN yang bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. Dengan kata lain, program KPR BTN Subsidi ini ditujukan untuk masyarakat Indonesia pada umumnya tanpa tebang pilih.

Namun, penerima yang lebih diutamakan untuk bisa menerima KPR BTN Subsidi ini adalah mereka yang memiliki penghasilan rendah atau MBR. Keuntungan dari mendapat KPR BTN Subsidi ini adalah Anda akan dikenakan suku bunga yang rendah dan cicilan yang lebih ringan untuk pembelian rumah jenis sejahtera tapak atau sejahtera susun.

Besaran uang muka yang akan dikenakan pada penerima KPR BTN Subsidi ini adalah dimulai dari 1% dari harga rumah yang akan Anda beli. Sedangkan untuk suku bunga yang harus Anda bayarkan adalah suku bunga tetap dengan besaran 5% hingga lunas. Enaknya lagi, dengan mendapatkan fasilitas KPR BTN Subsidi ini, Anda bisa dapat tenor panjang.

Pilihan tenornya sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Namun, tentu saja ada jangka waktu maksimal yang harus Anda ikuti. Jangka waktu maksimal untuk KPR BTN Subsidi ini adalah hingga 20 tahun lamanya. Satu lagi yang bisa Anda dapatkan dari KPR BTN Subsidi ini.

Khusus untuk rumah sejahtera tapak, Anda akan mendapatkan bantuan sebesar 4 juta rupiah untuk uang mukanya. Ingat, produk ini berlaku untuk semua masyarakat di seluruh Indonesia. Jaringan kerjasama developernya sangat luas sehingga Anda bisa memilih rumah mana yang diinginkan. Asiknya lagi, KPR BTN Subsidi ini bebas dari biaya premi asuransi dan PPN, lo!

Apa Saja Syarat untuk Mengajukan KPR BTN Subsidi?

Untuk bisa wujudkan rumah imajinasimu dengan KPR BTN Subsidi, tentu Anda harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Syarat tersebut terdiri dari Anda harus WNI dengan usia minimal 21 tahun. Namun, kalau Anda sudah menikah sebelum usia itu, Anda juga bisa mengajukannya.

Sedangkan untuk usia maksimal adalah 65 tahun saat masa kredit jatuh tempo. Namun, ada catatan khusus bagi mereka yang bekerja sebagai ASABRI yang mendapat rekomendasi dari YKPP. Usia mereka ketika melakukan permohonan KPR BTN Subsidi bisa mencapai 80 tahun tatkala kredit jatuh tempo.

Syarat lainnya yang harus dipenuhi adalah pemohon maupun pasangannya tidak memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk kepemilikan rumah sebelumnya. Namun, ada catatan pengecualian untuk TNI, Polri dan PNS yang pindah tugas. Mereka bisa mendapatkan layanan yang satu ini.

Ada syarat gaji juga yang harus Anda penuhi. Bila Anda menginginkan rumah sejahtera tapak, besaran gaji yang Anda miliki tak boleh lebih dari 4 juta rupiah per bulan. Sedangkan bila Anda menginginkan rumah sejahtera susun, maka gaji yang Anda miliki tak boleh lebih dari 7 juta rupiah sebulannya.

Tentu saja, Anda juga wajib memiliki KTP dan kartu tersebut sudah terdaftar di Dukcapil. Anda juga diwajibkan untuk memiliki NPWP dan SPT Tahunan PPh orang pribadi sesuai dengan perundang-undangan yang telah berlaku. Pengembang perumahan yang Anda pilih juga harus terdaftar di Kementerian PUPR dan spesifikasi rumah harus sesuai peraturan.

Apa Saja yang Akan Anda Dapatkan?

Setelah memenuhi semua persyaratan untuk mengajukan KPR BTN Subsidi, Anda bisa langsung mengajukannya. Datanglah ke kantor BTN terdekat untuk mendapatkan layanan tersebut. Bila pengajuan Anda diterima, Anda akan menerima kemudahan memperoleh rumah melalui fasilitas KPR BTN Subsidi ini.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan bebas Pajak Pertambahan Nilai atau PPn sesuai dengan Ketentuan Peraturan Menteri Keuangan yang berlaku. Anda juga akan mendapatkan rumah sejahtera sesuai dengan gaji Anda yang dibiayai oleh KPR BTN Subsidi dalam kondisi siap huni dan sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku.

Kelengkapan Dokumen yang Diperlukan

Selain syarat utama di atas, Anda juga wajib melengkapi dokumen yang diperlukan. Beberapa dokumen yang harus Anda siapkan untuk bisa mengajukan KPR BTN Subsidi ini adalah formulir pengajuan kredit yang dilengkapi dengan pas photo terbaru permohonan dan pasangannya.

Selain itu, Anda juga harus melampirkan fotokopi KTP dan fotokopi kartu keluarga. Bila Anda sudah menikah atau malah sudah cerai, Anda juga wajib menyertakan fotokopi kedua dokumen tersebut. Bila Anda pegawai, maka Anda wajib menyertakan dokumen berupa slip gaji terakhir atau surat keterangan penghasilan.

Lalu, Anda juga wajib melampirkan fotokopi SK pengangkatan pegawai tetap atau surat keterangan kerja bila si pemohon bekerja di suatu instansi. Sedangkan untuk wirausaha, dokumen yang wajib mereka sertakan adalah SIUP, TDP dan laporan atau catatan keuangan selama tiga bulan terakhir.

Bagaimana dengan pekerja mandiri? Mereka hanya harus melampirkan fotokopi izin praktik saja. Semua yang mengajukan KPR BTN Subsidi juga wajib melampirkan rekening koran tiga bulan terakhir dan fotokopi NPWP dan SPT PPh 21. Anda juga wajib menyertakan surat pernyataan penghasilan yang ditandatangani di atas meterai, ya!

Nah, sudah tahu apa saja hal yang harus Anda persiapkan untuk mendapatkan layanan KPR BTN Subsidi? Syarat yang harus Anda lengkapi memang cukup banyak. Namun, dengan semua ini, Anda bisa mendapatkan rumah impian dengan lebih mudah tanpa harus mengeluarkan uang langsung banyak.

shares