Perhatikan 7 Hal Ini saat Merancang Logo untuk Bisnis Anda

Perhatikan 7 Hal Ini saat Merancang Logo untuk Bisnis Anda

Logo memegang peran penting dalam sebuah bisnis. Tak hanya sekadar identitas, namun logo juga menjadi media promosi yang bisa membuat bisnis Anda berkembang. Tak semua orang bisa buat logo yang bagus dan berkualitas. Berikut adalah 7 hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan logo.

  1. Pilihan dan Komposisi Warna

Warna yang akan diterapkan pada sebuah logo harus diperhatikan dengan baik. Pemilihan warna dan komposisi warna pada logo tidak boleh sembarangan. Pastikan komposisi warnanya pas dan cukup menarik perhatian. Sesuaikan juga jenis dan komposisi warna dengan jenis produk yang akan diberi logo.

  1. Hindari Desain yang Biasa

Jangan menggunakan desain yang biasa. Sebelum membuat desain logo, coba Anda cari referensi desain dari berbagai sumber. Anda bisa mengamati seperti apa logo-logo yang sudah ada di pasaran saat ini. Setelah mengamati berbagai macam contoh, maka Anda bisa menyimpulkan desain seperti apa yang paling sering muncul.

Hindari pemakaian desain tersebut. Jika sering digunakan berarti desain itu sudah biasa dan tidak akan menarik perhatian konsumen. Buatlah sesuatu yang unik dan belum pernah ada sebelumnya.

  1. Perhatikan Proporsi Desain

Logo yang bagus harus punya proporsi yang pas. Jika Anda menggunakan beberapa elemen bentuk saat buat logo bisnis, maka pastikan proporsinya tepat. Pertimbangkan juga apakah proporsi desain sudah sesuai dan bisa diaplikasikan ke berbagai bentuk media grafis.

  1. Pilih Makna yang Ingin Diselipkan

Merancang logo itu bukan hanya asal menciptakan desain. Logo harus punya makna khusus. Perhatikan makna apa yang ingin Anda selipkan di logo tersebut. Masalah makna pada logo ini tentu sangat bergantung pada Anda sebagai pengguna logo nantinya.

  1. Utamakan Kesederhanaan

Salah satu sifat yang harus dimiliki oleh sebuah logo adalah sederhana. Logo yang baik bukanlah yang memiliki desain rumit tapi justru sebaliknya. Buatlah desain yang sesederhana mungkin karena desain yang sederhana akan menjadikan logo lebih mudah untuk dikenali dan diingat.

Logo tidak seperti lukisan yang bisa dinikmati dalam waktu lama. Perancang logo harus memperkirakan apakah desainnya sudah cukup sederhana sehingga konsumen mudah untuk mengenalinya dalam hitungan detik. Jika dirasa terlalu banyak elemen dan komposisi warna terlalu rumit, sederhanakan lagi agar logo lebih mudah diingat.

  1. Gunakan Huruf Custom

Pembuatan logo dari huruf custom juga masih menjadi pilihan sampai sekarang. Ada banyak contoh logo yang menggunakan permainan huruf custom. Anda tak perlu ribet membuat desain gambar yang rumit, cukup dengan huruf custom yang simpel. Desain yang seperti ini justru akan lebih mudah untuk diingat.

Jika Anda ingin menggunakan huruf custom dalam sebuah logo, maka coba cari banyak referensi. Pastikan desainnya tidak menjiplak logo lain yang juga memakai huruf custom.

  1. Pilih Desain yang Bertahan Lama

Hindari menggunakan desain yang sedang tren saat ini. Jika Anda menggunakan desain yang sedang tren, maka logo tersebut hanya akan populer di waktu yang singkat. Anda lebih disarankan memilih desain yang sifatnya bertahan lama atau long lasting.

Jangan tergoda dengan desain yang sedang viral atau populer di satu waktu. Lebih baik memilih desain yang tahan lama supaya tetap indah tanpa batas waktu. Jika Anda menggunakan desain yang bersifat long lasting maka Anda tak perlu ribet mengganti logo di kemudian hari.

Itulah tadi 7 hal yang harus diperhatikan saat akan membuat desain logo. Anda bisa mempercayakan logo bisnis Anda kepada fastwork.id yang bisa buat logo secara profesional.

shares