Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara Paling Lengkap

Hak dan Kewajiban Warga Negara

Pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli ternyata banyak sekali. Kita semua tentu memahami jika setiap warga Negara memiliki hak dan juga kewajiban yang sama di depan hokum, asasi manusia ataupun yang ataur sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945. Terkait dengan hal ini, secara umum hak diartikan sebagai sebuah peran yang memiliki sifat fakultatif dan memiliki arti yang boleh dilaksanakan ataupun tidak dilaksanakan. Disisi lain, kewajiban memiliki arti sebagai peran yang bersifat imteratif, dalam hal ini kewajiban harus dilaksanakan. Lalu bagaimana pengertian hak serta kewajiban menurut para pakar?

Pengertian HakMenurut Pendapat Para Ahli

1. Menurut Soerjono Soekanto

Hak bisa dibedakan menjadi 2 bagian yaitu:

Hak searah ataupun hak relative. Secara umum, hak ini timbul di dalam hukum perikatan ataupun perjanjian. Seperti hak menagih atau hak melunasi prestasi.

2. Menurut Prof. Dr. Notonegoro

Hak merupakan kuasa untuk bisa menerima ataupun melakukan sesuatu yang harus diterima atau dilakukan melulu oleh beberapa pihak tertentu. Selain itu juga tidak bisa didapatkan oleh pihak lain ataupun juga secara prinsip bisa dintuntut secara paksa olehnya.

3. Menurut Curzon

Curzon berpendapat jika hak bisa dikeleompokan dalam 5 jenis, diantaranya:

  1. Hak Sempurna. Yaitu hak yang dapat dilaksanakan serta dipaksakan melalui hukum, serta hak tidak sempurna, seperti hak yang dibatasi oleh kadaluwarsa.
  2. Hak utama, merupakan hak yang diperluas oleh hak-hak lain, hak tambahan, melengkapi hak utama.
  3. Hak publik, yaitu hak yang ada pada masyarakat, negara serta hak perdata, ada pada seseorang.
  4. Hak positif, yaity hak menuntut dilakukannya perbuatan, hak negatif agar tidak melakukan.
  5. Hak milik, merupakan hak yang berkaitan dengan barang dan hak pribadi berkaitan dengan kedudukan seseorang;

Pengertian Kewajiban Menurut Para Ahli

1. Menurut Prof. Dr. Notonegoro

Kewajiban merupakan beban untuk memberikan segala sesuatu yang semestinya harus dibiarkan ataupun diberikan melulu oleh pihak tertenty serta tidak didapatkan oleh pihak lain ataupun secara prinsipnya bisa dituntut dengan paksa oleh orang yang memiliki kepentingan tertentu. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus diterapkan.

2. Menurut Curzon

Curzon berpendapat jika kewajiban dikategorikan dalam 5 jenis. Salah satunya kewajiban mutlak. Yaitu sebuah kewajiban yang tertuju pada diri sendiri. Dalam hal ini tidak berpasangan dengan hak serta nisbi melibatkan hak di lain pihak.

Itulah Pengertian hak dan kewajiban warga Negara yang kami kutip dari www.daftarpustaka.org untuk dijadikan sebagai referensi, semoga ulasan singkat ini bisa membantu kita semua.

shares