Memilih Alat Masak yang Aman Bagi Keluarga

Memilih Alat Masak yang Aman Bagi Keluarga

Kesehatan keluarga pasti merupakan hal yang sangat penting. Lebih lagi ada stigma yang menyebutkan bahwa kesehatan itu mahal. Tetapi ternyata gangguan kesehatan bisa disebabkan oleh peralatan rumah tangga, terutama alat masak yang Anda pakai. Mengapa bisa begitu? Anda dapay menyimak informasi lengkap yang telah dihimpun dalam artikel ini. Amerika Serikat memiliki FDA (Food and Drug Administration) mengeluarkan aturan ketat mengenai pemakaian bahan untuk tempat atau alat masak.

Hasilnya, di pasaran bisa dengan mudah Anda temui dua macam peralatan masak: alat masak food grade (aman) dan alat masak yang beracun. Alat masak food grade adalah alat masak yang terbuat dari berbagai bahan yang ramah untuk sentuhan langsung dengan makanan atau minuman. Alat masak kualitas food grade dapat Anda pakai untuk meletakkan minuman dan makanan Anda. Sejumlah bahan alat masak yang masuk dalam kualitas food grade, yakni:

  • Alat Masak Stinless Steel

Peralatan masak dengan bahan Stinless Steel sangat disukai sebab sifatnya yang awet dan dapat menyalurkan panas dengan lebih cepat. Tetapi peralatan stainless steel masih memiliki kandungan campuran logam. Jadi ketika tergores, kandungan logam seperti kromium, besi dan nikel dapat membuat makanan atau minuman Anda beracun. Oleh karena itu, hindari pemakaian alat mixer dan alat cuci yang bisa merusak.

  • Alat Masak Cast Iron

Kandungan besi peralatan masak yang dibuat dari besi tuang memang dapat bereaksi pada masakan. Tetapi kandungan besi memiliki kadar kecil memang diperlukan oleh tubuh. Dengan begitu, alat masak yang dibuat dari besi tuang termasuk aman untuk dipakai. Besi tuang mudah juga terpapar korosi, Anda harus melakukan perlakuan khusus saat memakai peralatan masak ini.

  • Alat Masak Keramik

Porselen adalah peralatan masak yang memang telah dipakai sejak lama. Porselen relatif aman bagi makanan. Terlebih lagi alat ini juga mempunyai keunggulan lain, misalnya tidak lengket, gampang untuk dibersihkan dan sanggup menghantarkan panas dengan lebih baik.

  • Alat Masak Hard Anodizing

Teknologi Hard Anodizing adalah teknologi yang bisa melapisi bahan aluminium supaya tidak sentuhan langsung dengan makanan. Hard Anodizing sanggup membuat alat masak ini lebih kokoh sehingga tahan dipakai untuk jangka waktu panjang. Bukan hanya itu, teknologi hard anodizing tidak mudah korosi dan terkelupas. Tentunya hal ini membuat kualitas masakan Anda jadi lebih baik dan aman.

  • Alat Masak Kaca

Untuk alat masak dengan bahan kaca ini adalah alat masak yang aman Anda gunakan sebab tidak bereaksi pada makanan atau minuman Anda. Tetapi sayangnya, tidak semua masakan bisa diolah dengan alat masak ini.

Alat memasak memiliki peranan penting dalam aktivitas memasak. Memilih alat masak yang sesuai bisa berpengaruh pada kualitas masakan yang Anda hidangkan. Jangan pilih alat dapur yang memiliki kualitas rendah. Selain gampang rusak, juga memiliki potensi memberikan pengaruh pada kesehatan keluarga Anda.

Sekarang ini, berbagai peralatan dapur yang ada di pasaran dan masing-masing mempunyai kelebihan dan kelemahan. Aspek yang harus dipertimbangkan saat memilih peralatan memasak adalah bahan material alat masak, praktis dari segi pemakaian dan juga harga terjangkau untuk ibu rumah tangga. Oleh Sebab itu, tips memilih alat masak yang tepat perlu diketahui oleh Anda.

Memilih alat dapur harus cermat. Bisa jadi, peralatan masak yang Anda pakai bisa mengganggu aktivitas memasak di dapur atau mempunyai kandungan bahan kimia berbahaya bagi kesehatan keluarga. Jadi, dalam memilih alat memasak, selain harus tepat fungsinya, juga harus tepat jenisnya.

  • Sesuaikan dengan Jenis Masakan

Ini adalah faktor penting, sebab untuk membuat Anda lebih mudah dalam memasak. Sebagai contoh, ketika Anda ingin menggoreng bahan masakan dan memakai spatula yang kecil, pasti akan merasa tidak nyaman. Hal ini karena ukuran yang tidak sesuai. Disarankan untuk memakai spatula yang mempunyai permukaan lebar sebab lebih mudah untuk Anda saat menggoreng.

  • Jangan Tergoda Diskon

Ada harga, tentu ada kualitas. Itulah ungkapan pepatah umum yang sering Anda dengar. Kualitas alat dapur tentu dipengaruhi dari harga barang itu sendiri. Bila ingin mempunyai produk peralatan dapur kualitas baik, umumnya terlihat dari harganya. Jika ada alat dapur yang mempunyai kualitas baik dengan harga terjangkau, biasanya ibu-ibu tentu akan memilihnya.

Termasuk yang ditawarkan di berbagai situs belanja online. Boleh saja Anda memilih produk yang memiliki harga murah, namun sebaiknya tidak memiliki kualitas murahan. Harga murah bisa membuat Anda justru boros bila barangnya tidak memiliki kualitas baik, sebab keluar banyak biaya untuk mengganti alat dapur terus-menerus.

Itulah Sejumlah tips memilih alat masak yang harus Anda ketahui. Selalu ingat dalam memilih peralatan dapur bukan hanya untuk diri sendiri namun manfaatnya juga untuk seluruh anggota keluarga. Pilihlah produk alat memasak yang memiliki kualitas baik sebab untuk menjamin kesehatan seluruh anggota keluarga. Semoga tips ini bisa memberikan manfaat yang baik.

shares