Keuntungan Memberikan Makanan Bergizi Selama Pertumbuhan Anak

Keuntungan Memberikan Makanan Bergizi Selama Pertumbuhan Anak

4Makanan merupakan sumber nutrisi utama tubuh. Dimana tubuh membutuhkan nutrisi untuk menggerakkan ragam sendi, sistem metabolisme dan juga berpikir. Sehingga konsumsi makanan menjadi poin penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Sebab itu, baik bayi, remaja maupun manula membutuhkan makanan untuk terus bertahan hidup.

Makanan yang dikonsumsi masyarakat merupakan makanan yang diolah dari bahan makanan segar. Pengolahan makanan tersebut dapat dilakukan dengan beragam cara sehingga makanan tersebut layak untuk dikonsumsi. Namun, ada dua jenis makanan yang dimiliki masyarakat yakni makanan dalam bentuk padat dan makanan dalam bentuk semi padat. Makanan semi padat merupakan makanan yang kerap diberikan kepada balita dalam memperkenalkan makanan ataupun dikonsumsi oleh orang sakit.

Makanan juga dibutuhkan balita ketika usia mereka menginjak 6 bulan. Pada masa ini balita diperkenalkan kepada makanan dalam bentuk semi padat. Makanan jenis ini akan menunjang kesehatan pencernaan mereka lebih baik. Pemberian makanan dalam bentuk sedikit kasar dapat diberikan pada usia 9 atau 10 bulan pertumbuhannya. Pemberian makanan padat dapat diberikan ketika usia 1 tahun ke atas.

Dalam memberikan makanan kepada balita, baik pada saat bentuk semi padat maupun dalam bentuk padat anda harus memperhatikan gizi makanan tersebut. Memberikan makanan gizi seimbang disarankan sejak dini dan menyesuaikan dengan kondisi serta usia balita. Menu makanan gizi seimbang merupakan menu makanan yang menjawab semua kebutuhan nutrisi anak anda selama tumbuh dan berkembang. Dimana makanan gizi seimbang akan menunjang kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral serta serat dalam jumlah yang cukup.

Menu makanan gizi seimbang memiliki beragam manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan balita. Berikut merupakan keuntungan mengonsumsi makanan gizi seimbang untuk anak anda :

  1.     Mendukung kesehatan balita
  2.     Mencukupi kebutuhan nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan
  3.     Berat dan tinggi balita semakin bertambah tiap bulannya
  4.     Membantu balita untuk beraktivitas dengan baik dan ceria
  5.     Mendukung balita mengeksplorasi lingkungannya

Kelima keuntungan yang disebutkan tersebut merupakan beberapa keuntungan mengonsumsi menu makanan gizi seimbang untuk balita. Anda dapat melakukan beberapa hal dalam mewujudkan menu makanan gizi seimbang untuk balita anda dirumah. Namun, pertama – tama anda perlu mempelajari menu makanan gizi seimbang yang disarankan oleh kemenkes. Dimana hal tersebut dapat menunjang anda dalam melakukan kegiatan konsumsi yang dilakukan.

Memberikan menu makanan gizi seimbang dapat dilakukan dengan memberikan makanan yang sehat dalam menu makanan balita seperti sayuran, daging atau ikan segar, hingga buah – buahan. Ada baiknya selama memberi makan balita anda, penggunaan garam, pemanis hingga penyedap dikurangi. Sebab, akan membahayakan kesehatan balita anda selama masa pertumbuhan mereka berlangsung.