Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan USG pada Calon Buah Hati?

USG atau Ultrasonografi merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi sesuatu di dalam bagian tubuh. Salah satunya adalah bayi yang ada di dalam perut. USG terdiri dari berbagai macam, mulai dari USG 2D, 3D, bahkan beberapa fasilitas kesehatan dan klinik sudah ada yang memiliki alat USG 4D. Tentunya semakin canggih alatnya, biayanya pun semakin tinggi pula untuk melakukan USG.

Dengan menggunakan USG, ayah bunda bisa mendeteksi jenis kelamin si buah hati, pastinya jika umur kehamilan sudah cukup. Selain itu, juga bisa mendeteksi posisi si calon bayi, bahkan mengetahui perkembangannya. Ini tentu sangat menggembirakan para ayah bunda. Bisa melihat perkembangan calon bayinya.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan USG?

Perihal kapan waktu yang tepat untuk melakukan USG bagi ibu hamil, sebenarnya tidak ada kapan waktu yang tepat. Akan tetapi umumnya dibagi menjadi 3 waktu. Apa sajakah itu?

  • Trimester I

Ini dilakukan pada sekitar 3 bulan pertama kehamilan. Namun, biasanya lebih sering dilakukan saat bulan ke-4, sekaligus bertepatan dengan perayaan 4 bulan kehamilan. Pada trimester I bentuk bayi sudah bisa terlihat dengan jelas. Organ inti pun sudah bisa dilihat dengan jelas.

  • Trimester II

Perido trimester ke-2 ini biasa dilakukan pada saat usia kehamilan berada di umur 7 bulan. Sekaligus perayaan kehamilan yang ke-7 bulan yang sering dilakukan di Indonesia. Bagi sebagian banyak orang, lebih memilih untuk melakukan USG di kehamilan ke-7 ini karena akan lebih hemat dan hasil dari USG sudah terlihat cukup jelas calon bayinya, termasuk jenis kelamin bayi.

  • Trimester III

USG yang dilakukan pada trimester ke-3 ini dilakukan mendekati kelahiran. Biasanya dilakukan untuk mendeteksi posisi bayi dan memperkirakan waktu yang tepat saat lahir. Selain itu, dengan melakukan USG pasca kelahiran ini bisa mendeteksi posisi bayi saat lahir nanti. Dengan begitu, bisa dilakukan tindakan yang tepat untuk lahiran. Apakah dengan operasi caesar ataupun bisa dilakukan dengan normal.

Untuk menentukan waktu yang tepat, para orang tua maupun orang tua harus saling berdiskusi terlebih dahulu. Alangkah baiknya jika melibatkan dokter kandungan yang dipercaya. Dengan begitu akan didapatkan waktu yang tepat. Pertimbangkan pula biaya yang diperlukan untuk melakukan USG.

Untuk USG yang termurah, bisa menggunakan USG 2D. Kalian bisa cek harga USG 2D di Google dan membandingkan dengan layanan yang diberikan di tiap-tiap klinik. Meskipun terhitung terjangkau, hasilnya cukup jelas untuk menghasilkan gambar calon buah hati, hanya saja dalam 2 dimensi. Bagi yang menginginkan hasil lebih detail, bisa menggunakan USG 3D maupun yang lebih tinggi teknologinya. Tentu biayanya pun akan lebih tinggi dibanding USG 2D.