Kapan Waktu Tepat Mengganti Oli Mobil? Ini Jawabannya!

Kapan Waktu Tepat Mengganti Oli Mobil? Ini Jawabannya!

Ganti oli adalah salah satu hal penting yang tak boleh dilupakan para pemilik kendaraan. Pasalnya dengan rutin ganti oli mobil dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi mobil kesayangan Anda, sebut saja memberikan performa baik kendaraan hingga merawat mesin kendaraan. Lantas sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil?

Berpacu Pada Running Engine Hours

Tak sedikit yang mengatakan bahwa ganti oli mobil umumnya dilakukan setiap jarak tempuh mencapai 10.000 kilometer, jika tidak pergantian oli dilakukan setiap enam bulan sekali. Namun rupanya waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil kesayangan Anda adalah berpacu pada running engine hours kendaraan atau seberapa lama mesin mobil Anda menyala.

Contohnya, ketika Anda sedang menuju suatu lokasi dan terjebak macet. Ketika mobil Anda terjebak macet, jarak tempuh kilometer mobil Anda tidak bertambah namun mesin mobil tetap terus menyala. Lamanya waktu mesin mobil menyala tersebutlah yang seharusnya menjadi acuan pergantian oli mobil Anda.

Mengapa demikian? Karena mesin mobil tetap menyala pada saat terjebak kemacetan, maka pelumas tetap akan tersirkulasi meskipun kilometer tidak bertambah. Beban kinerja mesin mobil yang menempuh jarak dekat namun terjebak kemacetan justru lebih berat jika dibandingkan mobil yang menempuh jarak jauh namun tidak terjebak kemacetan.

Berpacu Pada Buku Manual dan Catatan Servis

Ketika Anda membeli mobil baru, tentu Anda akan mendapatkan buku manual atau buku panduan. Anda juga dapat melihat kapan waktu yang tepat dalam mengganti oli mobil dalam buka manual tersebut.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, umumnya pergantian oli mobil dilakukan setiap jarak tempuh 10.000 kilometer. Namun kembali lagi pada acuan running engine hours, jika mobil Anda sering terjebak kemacetan maka bengkel akan merekomendasikan untuk mengganti oli setiap 5.000 kilometer.

Jika memang sudah waktunya Anda menservis mobil karena tanggal pada catatan servis sudah tercapai, namun angka kilometer belum mencapai 10.000, ada baiknya Anda tetap melakukan ganti oli.

Tanda Mobil Perlu Segera Diganti Oli

  1. Suara Mesin Mobil Kasar

Ketika Anda menghidupkan mesin mobil dan timbul suara mesin yang kasar, hal ini dapat menjadi indikasi Anda perlu segera ganti oli mobil. Oli yang sudah lama tidak diganti akan menimbulkan getaran tinggi sehingga berdampak pada suara mesin mobil berisik dan kasar.

  1. Akselerasi Mesin Berat

Gesekan antara komponen mesin menjadi tinggi ketika kualitas oli sudah menurun. Hal tersebut berdampak pada menurunnya performa mesin, sehingga akselerasi mesin pun menjadi lebih berat.

  1. Oli Berubah Warna

Oli baru umumnya berwarna jernih dan licin ketika dipegang. Semakin lama oli tersebut digunakan, maka oli tentu akan berubah warna menjadi kehitam-hitaman dan keruh. Perubahan warna pada oli tersebut berdampak pada kurangnya kemampuan untuk melumasi.

  1. Lampu Indikator Oli Mesin Akan Menyala

Tanda mobil perlu segera diganti oli selanjutnya adalah nyalanya lampu indikator oli mesin. Lampu indikator oli mesin akan otomatis menyala jika tekanan oli di dalam mesin menurun, jika Anda tidak segera ganti oli maka bukan tak mungkin mesin mobil dapat mati secara tiba-tiba.

  1. Stick Level Oli Berada di Bawah Batas

Terakhir Anda dapat melihat pada stick level oli. Buka stick level oli dan perhatikan apakah oli berada pada batas yang cukup, atau berada di bawah batas standar.

Tetap Ganti Oli Meski Mobil Jarang Dipakai

Tak jarang pemilik mobil yang menggunakan mobilnya hanya pada waktu-waktu tertentu saja, sehingga mobil pun kerap teronggok di garasi karena jarang digunakan. Tentu hal ini akan berdampak pada jarak tempuh kendaraan yang jarang bertambah.

Karena itulah para pemilik mobil berpikiran bahwa intensitas penggunaan mobil yang sedikit dapat membuat komponen mobil menjadi lebih awet, sehingga mereka jarang mengganti oli mobil.

Padahal meski jarang dipakai, bila memang sudah waktunya untuk mengganti oli maka oli tetap harus diganti. Pasalnya sifat pelumas mesin tidak tahan lama, karena terkandung zat aditif di dalam pelumas mesin. Zat aditif tersebut umumnya dicampur menjadi suatu formula khusus guna memberikan perlindungan pada komponen mesin mobil.

Itulah waktu tepat ganti oli mobil, sehingga Anda dapat rutin mengganti oli mobil untuk menjaga performa mesin selalu dalam kondisi prima. Semoga bermanfaat.

shares