Info Parenting, Cara Mendidik Anak Balita agar Patuh Sejak Dini

Info Parenting, Cara Mendidik Anak Balita agar Patuh Sejak Dini

Kepatuhan seorang anak harus diajarkan sejak dini yakni dapat dilakukan pada saat anak berusia balita. Dengan kepribadian yang baik tersebut akan meningkatkan rasa kedisiplinan yang dimiliki pada anak Anda, sehingga akan berguna kelak dikemudian hari. Berikut info parenting tetang cara dalam mendidik anak balita agar patuh sejak dini:

  1. Konsisten

Anda yang mempunyai anak berusia 2 hingga 3 tahun akan bekerja keras untuk mendidiknya dengan baik. Anak pada rentan usia tersebut bekerja keras untuk memahami bagaimana perilaku yang dimilikinya dapat memengaruhi orang0orang yang berada di sekitarnya.

Pola asuh yang dapat diterpakan oleh Anda secara rutin dan konsisten akan dapat membuat anak merasa lebih aman dan juga terlindungi. Anak akan jadi mengetahui apa yang diharapkan oleh orang tua sehingga dapat memiliki sikap lebih tenang saat diberikan perintah.

Anda dapat melakukannya dengan memerintah sang anak, pada saat melakukan hal yang tidak terpuji semisal memukul. Pada saat itu, perintah yang Anda keluarkan untuk melarangnya bila dilaksankan secara konsisten dan rutin akan lebih dipahami oleh sanga anak dan bersikap tenang untuk tidak memukul.

Namun, pada saat Anda memerintah tersebut, nada yang digunakan harus lebih tenang agar anak tidak merasa terancam dan justru membangkangnya. Jika Anda melakukannya secara tidak konsisten, maka sang anak akan merasa kebingungan. Hal tersebut dapat mengakibatkan dikemudia hari anak akan menjadi tidak disiplin.

  1. Mengenali pemicu tantrum pada anak.

Info parenting ini mungkin jarang orang untuk mengetahuinya. Tantrum merupakan sebuah kejadian yang wajar terjadi pada setiap anak. Anda sebagai orang tua haruslah tau bentul tentang yang membuat anaknya tantrum dan menjadi rewel. Kebanyak dari anak mempunyai emosi yang tidak terkontol saat merasa lapar ataupun mengantuk.

Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari saat-saat emosi dari sang anak sedang meledak-ledak untuk mengajarinya disipilin. Pada saat inilah diperlukan kerja sama Anda dan sang anak agra proses mendidik dapat berjalan lancar. Bila sang anak masih berada dalam kondisi tantrum, maka dapat memberikannya dengan mainan kesukaan terlebih dahulu.

Cara tersebut dilakukan untuk memicu suasana hati dari sang anak untuk lebih baik. Baru setelah itu, Anda dapat mengajaknya kembali bermain sambil belajar untuk bertanggungjawab dengan yang telah sang anak lakukan. Anda jangan sampai melupakan untk memberikan pujian kepada sang anak saat dirinya berhasil untuk melakukan hal positif.

  1. Mengikuti Pola Pikir Anak

Cara yang digunakan untuk mendidik anak sejak dini lainnya adalah dengan mengikuti pola pikir yang dilakukan oleh sang anak. Pola pikir yang dimiliki anak berbeda dengan pola pikir Anda. Jadi, Anda tak perlu marah pada saat misal anak Ana membuat berantakan seisi rumah. Anak tentunya belum bisa untuk merapikan semua mainan tersebut.

Anda dapat ikut turut serta untuk membantu dalam memberekan mainan sang anak dan memberikan contoh yang baik padanya. Jangan lupa untuk memberi tahu bahwa hal tersebut penting untuk dilakukan dan merupakn tugasnya. Dengan cara tersebut, lama kelamaan akan terebisa untuk melakukannya. Jangan lupa juga untuk beri pujian jika berhasil.

Mendidik anak memnag perlu kerja yang ekstra. Namun, jika Anda sudah terbiasa dengan menggunakan cara di atas hal terbut akan sangat mengasyikan. Anak Anda tentunya kan menjadi pribadi yang baik, disiplin dan juga patuh. Anda dapat menbaca info parenting lainnya dengan mengunjungi situs orami.co.id.

shares