Dokter Spesialis Penyakit dalam Reumatologi di Jakarta Pusat

Dokter Spesialis Penyakit dalam Reumatologi di Jakarta Pusat

Pilih Dokter Spesialis Penyakit dalam Reumatologi di Jakarta Pusat untuk Kesehatan Anda

Tentunya kita tidak asing dengan penyakit seperti pegal linu, asam urat, serta rematik. Pada era ini. Asam urat, secara bahasa adalah penyakit arthritis yang mengakibatkan adanya pembengkakan, kemerahan, serta rasa sakit yang datangnya secara tiba-tiba pada sendi-sendi tubuh. Banyak orang yang meremehkan penyakit ini, padahal jika dibiarkan tidak akan terjadi hal baik bagi tubuh. Jika Anda yang kebetulan memiliki penyakit ini, Anda dapat berobat ke dokter spesialis penyakit dalam reumatologi di Jakarta Pusat. Penyakit ini umumnya lebih rentan mengenai kelompok usia 30 tahun-50 tahun.

Dalam beberapa kasus sendiri, penyakit asam urat ini tidak menunjukan gejala yang spesifik pada awal penyerangannya. Biasanya gejala baru muncul ketika penderita sudah dalam tahap kondisi yang akut atau justru kronis. Gejala-gejala yang umum dialami biasanya adalah:

  • Terjadinya nyeri sendi yang mendadak dan tiba-tiba, utamanya terjadi pada pagi hari.
  • Pada sendi terjadi pembengkakan dan pelunakan sendi.
  • Terjadinya kemerah-merahan pada sendi.
  • Terasa panas pada sekitar sendi.

Munculnya gejala ini tidak dapat di prediksi, namun biasanya terjadi di malam hari. Umumnya gejala-gejala ini terjadi dengan frekuensi yang terhitung sedikit, yaitu hanya sekitar 1 hingga 2 kali per hari. Namun, ketika sudah dalam tahap yang serius, nyeri sendi ini dapat terjadi dalam waktu berminggu-minggu.

Dalam asam urat ini, terdapat 3 tahapan yang terbagi atas tingkat keparahannya, yaitu:

  • Tahap pertama. Pada tingkat ini, kadar Uric acid sudah naik dalam darah, namun gejala-gejalanya belum muncul. Bahkan bisa saja Anda tidak merasakan gejalanya.
  • Tahap kedua. Setelah pada tingkat ini, kadar Uric Acid sudah mulai membentuk kristal-kristal yang biasanya terjadi di bagian jar kaki. Dalam tingkat ini penderita baru akan merasakan nyeri serta sakit pada sendi, tetapi hal ini tidak berlangsung lama. Selang beberapa waktu kemudian, penderita baru akan mengalami gejala dengan intensitas serta frekuensi yang semakin sering.
  • Tahap ketiga. Di tingkat ini gejala yang timbul akan terasa dan tak kunjung reda. Hal ini dikarenakan kristal-kristal asam urat yang telah terbentuk tidak hanya menyerang satu sendi saja. Bahkan dalam tahap ini telah muncul kristal-kristal tadi sudah menggumpal di bawah kulit. Kondisi ini lah yang menyebabkan rasa nyeri yang ada lebih parah dan sudah dalam tahap merusak tulang-tulang rawan.

Penyebab kondisi ini sendiri adalah kadar asam urat yang terlalu berlebih di dalam tubuh. dalam keadaan yang normal, Uric Acid akan dikeluarkan melalui urin dan juga tinja. Tetapi pada seseorang yang mengalami kondisi tidak biasa, jumlah asam uratnya terlalu banyak dan tubuh tidak dapat mengolahnya. Pada akhirnya, zat itu akan membentuk kristal-kristal dan menumpuk di sekitar sendi lalu menimbulkan peradangan.

Penyebab tingginya kadar asam urat dalam tubuh sendiri adalah terlalu seringnya mengkonsumsi makanan yang mengandung purin. Purin sendiri adalah zat kimia dalam tubuh yang terproduksi secara alami, namun purin juga terkandung dalam beberapa makanan. Ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung purin secara berlebihan, maka tubuh akan mengolahnya sebagai asam urat.

Untuk Anda yang berada di wilayah Jakarta Pusat sendiri, jika Anda memiliki gejala-gejala diatas dan anda sedang mencari dokter spesialis penyakit dalam reumatologi di Jakarta Pusat, Anda dapat menuju ke poliklinik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dilengkapi dengan laboratorium imunoreumatologi dan didukung dengan tenaga medis yang sudah profesional.

shares