Daftar Subsektor Ekonomi Kreatif yang Cocok untuk Bisnis Digital

Daftar Subsektor Ekonomi Kreatif yang Cocok untuk Bisnis Digital

Bisnis di dunia digital memang menjanjikan. Lihat saja ada banyak e-commerce dan perusahaan digital lainnya yang bisa meraup keuntungan hingga miliaran rupiah. Jika kamu tertarik bergerak di industri ini, kenali ada beberapa subsektor ekonomi kreatif yang bisa kamu coba sebagai peluang bisnis baru.

Manfaat Teknologi untuk Bisnis Kreatif

Sebelum mengetahui beberapa bidang kreatif yang memiliki peluang besar, kamu harus mengetahui terlebih dahulu manfaat teknologi atau inovasi digital terhadap bisnis ini. Apalagi peluang pasar di Indonesia, masih sangat terbuka luas mengenai bisnis digital ini.

  1. Membantu Pemasaran

Sebelum adanya teknologi, pemasaran bisnis menguras biaya dan tenaga banyak. Misalnya saja dengan membagikan brosur bahkan harus beriklan di media massa seperti radio dan televisi. Namun dengan munculnya teknologi maka kamu bisa memasarkan bisnis dengan bantuan media sosial, website dan lainnya.

Bahkan pemasaran saat ini bisa diukur dengan angka. Kamu bisa memakai berbagai alat untuk mengukur apakah strategi pemasaran yang kamu jalankan sudah tepat atau belum. Dengan teknologi kamu juga bisa mengetahui mana desain yang lebih menarik dan bisa menjangkau konsumen lebih banyak.

  1. Menghemat Biaya dan Waktu

Segala sesuatu berbau offline membuat bisnis berjalan lebih lambat. Misalnya kamu harus melakukan aktivitas bisnis dengan lebih lama. Dengan adanya teknologi kamu bisa melakukannya dengan internet. Misalnya memesan barang, menghubungi klien hingga melakukan meeting dengan mudah.

Dengan menghemat waktu artinya kamu juga bisa menghemat biaya. Sisi kepraktisan dan fleksibilitas yang membuat kamu jadi lebih mudah menyesuaikan biaya. Pastinya efisiensi dari segi waktu maupun biaya akan membantu bisnis jauh lebih berkembang.

  1. Dapat Meningkatkan Produktivitas

Bisnis di industri kreatif sangat membutuhkan respons terhadap perubahan yang lebih cepat. Artinya kamu harus benar-benar mengikuti tren sehingga produktivitas semakin meningkat. Teknologi bisa menurunkan risiko terjadinya error ataupun kesalahan sepele.

Kamu bisa memanfaatkan software misalnya untuk membantu bisnis kamu di bidang administratif. Dengan demikian kamu bisa mengembangkan bisnis lebih baik serta bisa meningkatkan produktivitas apalagi kreativitas.

  1. Mengelola Tim Jadi Mudah

Hal lain yang menjadi tantangan dalam melakukan bisnis adalah pengaturan sumber daya manusia. Kamu bisa memakai berbagai fasilitas di digital untuk memantau kinerja tim atau sekedar berdiskusi mengenai program yang sedang dijalankan. Kamu juga bisa mencari inspirasi di internet karena informasi tidak terbatas.

  1. Meningkatkan Pelayanan

Zaman di serba mudah ini, kamu juga bisa meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Dengan bantuan teknologi, kamu bisa membuat rekapan pemesanan serta melacak pembayaran. Kamu juga bisa meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan supaya respons terhadap pesanan jauh lebih cepat.

Kamu juga bisa melakukan promosi dari barang yang diproduksi dengan bantuan teknologi. Dengan demikian, para konsumen bisa dengan mudah menghubungi kamu. Begitu pula dengan hal pengiriman. Semakin banyak metode dan teknologi yang memudahkan kamu untuk mengirimkan barang.

Subsektor Ekonomi Kreatif yang Berkembang

Sekarang saatnya kamu mengetahui bahwa ada beberapa sektor ekonomi yang bisa kamu coba sehingga bisa mengembangkan bisnis tersebut. Daftar bidang ini sangat berkembang khususnya di bidang teknologi. Penasaran apa saja bidang yang bisa dikembangkan?

1.Pengembangan Aplikasi dan Permainan

Semakin banyak perkembangan teknologi ponsel semakin banyak pula peluang yang terbuka. Salah satunya adalah pengembang aplikasi dan permainan. Industri pengembangan aplikasi ini semakin berkembang dan menjadi bidang yang sangat menjanjikan.

Mungkin kamu harus mencari investor yang besar karena modal yang dibutuhkan cukup besar. Namun, hasilnya juga cukup menjanjikan karena kamu bisa mengembangkan potensi bisnis dari pengembangan aplikasi. Semakin banyak permintaan untuk mendapatkan inovasi terbaru untuk kemudahan kebutuhan manusia.

  1. Desain

Ada banyak jenis desain yang dikembangkan di era digital. Mulai dari desain interior, produk hingga grafis. Semua jenis desain ini akan membantu kamu untuk mengembangkan bisnis. Apalagi sudah banyak masyarakat yang tertarik dan paham betapa pentingnya desain yang kreatif.

  1. Periklanan

Perkembangan media sosial membuat industri ini juga banyak berubah. Biasanya orang hanya membuat iklan dengan memasang gambar di media massa. Namun dengan adanya media sosial, iklan dibuat dengan lebih menarik khususnya perhatian konsumen. Apalagi ada strategi pemasaran yang tepat untuk menarik perhatian audiens.

  1. Film dan Musik

Semakin banyak platform digital membuat para pekerja seni khususnya di bidang seni dan music memperkenalkan karyanya. Masyarakat juga dengan mudah menikmati karya seni tersebut tanpa perlu repot-repot mencarinya. Dengan internet, seseorang bisa mendapatkan karya seni dengan lebih muda.

  1. Layanan Komputer

Semakin tinggi dan pesat perkembangan teknologi, semakin banyak permintaan mengenai perkembangan teknologi komputer. Mulai dari desain piranti lunak, integrasi sistem, desain hingga jasa layanan komputer lainnya. Kamu bisa mengembangkan bisnis untuk mendukung perkembangan teknologi tersebut.

Ada banyak subsektor ekonomi kreatif yang bisa kamu gali untuk menjadi peluang bisnis. Semakin pesat perkembangan teknologi maka semakin banyak pula peluang di industri kreatif yang bisa kamu coba.