Cara Mudah Menghitung Komponen Gaji Karyawan dengan Software Payroll

Cara Mudah Menghitung Komponen Gaji Karyawan dengan Software Payroll

Gaji atau upah merupakan tujuan utama hampir semua karyawan. Selain sebagai sarana mengaktualisasi diri, bekerja adalah cara untuk mendapatkan uang guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Itulah kenapa pengelolaan gaji yang dilakukan perusahaan, khususnya Anda sebagai HR, menjadi hal yang sangat diperhatikan karyawan. Banyak HR akan memilih menggunakan software payroll untuk menghindari kesalahan dan keterlambatan melakukan penggajian. Terdapat banyak komponen dalam setiap jumlah gaji masing-masing karyawan setiap bulannya. Beberapa komponen gaji di bawah ini adalah komponen yang dapat diolah dengan software payroll.

1. Upah Pokok

Gaji atau upah memiliki 2 standar dalam pemberiannya, yaitu diberikan atas satuan waktu bekerja dan/atau satuan hasil. Satuan waktu berarti perusahaan akan menggaji karyawannya berdasarkan waktu tertentu dia bekerja, biasanya 1 bulan sekali. Sedangkan satuan hasil berarti menggaji karyawan berdasarkan proyek atau pekerjaan yang sudah mereka selesaikan meskipun tidak ada waktu pastinya. Jika pemberian gaji ini didasarkan oleh jumlah kehadiran, maka aplikasi HR akan merekam data kehadiran karyawan secara lebih akurat. Sehingga, seorang HR tidak perlu lagi menghitung upah pokok secara manual.

2. Tunjangan

Tunjangan sendiri secara garis besar dibagi menjadi 2, yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. Tunjangan tetap adalah jumlah yang harus dibayarkan rutin setiap bulan, sama seperti perusahaan memberikan gaji pokok. Sedangkan tunjangan tidak tetap adalah tambahan diluar gaji pokok yang pemberiannya tidak teratur setiap bulan. Setiap karyawan pasti mendapatkan tunjangan yang berbeda-beda dan biasanya dilihat dari jabatan, dan sebagainya. Jika aplikasi HR yang akan memiliki data terkait macam tunjangan yang akan didapat setiap karyawan, software payroll akan membantu menghitung total tunjangan tersebut dengan sekali klik.

3. Pajak Penghasilan

Pajak penghasilan bagi karyawan adalah suatu kewajiban yang biasa dikenal dengan pph 21. Pph 21 sendiri memiliki ketentuan dan jumlah yang berbeda bagi setiap karyawan. Karyawan yang belum menikah akan berbeda pajaknya dengan karyawan yang sudah menikah dan memiliki anak. Dengan bantuan software payroll, HR tidak perlu lagi melakukan potongan pajak penghasilan karyawan secara manual, tanpa harus mengganti rumus penghitungan pajak secara manual.

4. Premi BPJS

Hampir sama dengan penghitungan pajak, premi BPJS pun juga memiliki ketentuan tersendiri. Baik BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan, sama-sama memiliki ketentuan besaran premi yang berbeda. Meskipun besaran atau persentase yang harus dikeluarkan sama, namun jumlahnya bagi setiap karyawan akan berbeda. Hal ini karena tolok ukur penghitungan adalah jumlah gaji pokok setiap bulan. Dengan software payroll, Anda tidak perlu lagi menghitung iuran BPJS Karyawan, karena software payroll akan membantu HR menghitung besaran premi yang harus dipotong dari gaji total secara manual.

5. Uang Lembur

Penghitungan uang lembur tidak jauh berbeda dengan menghitung gaji pokok setiap bulan. Hanya saja belum tentu semua karyawan mengambil jam lembur. Bahkan karyawan yang lembur bulan itu juga belum tentu mengambilnya lagi bulan berikutnya. Itulah kenapa aplikasi HR yang akan mendata karyawan mana saja yang mengambil lembur bulan itu dan mana yang tidak. Kemudian software payroll yang akan menghitung jumlahnya sekaligus menambahkannya ke dalam penghitungan gaji keseluruhan.

6. Slip Gaji

Meskipun slip gaji bukan termasuk dalam komponen gaji, namun keberadaannya sama pentingnya dengan gaji itu sendiri. Setiap karyawan berhak mendapatkan laporan rincian gaji yang mereka dapatkan melalui aplikasi gaji karyawan. Slip gaji akan menambah pekerjaan seorang HR yang masih menggunakan metode penghitungan gaji yang manual. Sehingga aplikasi HR adalah solusi paling tepat. Kenapa? Dengan bantuan software payroll, karyawan dapat melihat slip gaji dengan mudah tanpa perlu bantuan HR.

Itulah beberapa komponen gaji yang dapat diolah dengan software payroll. Talenta adalah aplikasi HR yang sudah terintegrasi dengan data-data penting karyawan seperti absensi, cuti, lembur, dan sebagainya.

shares