Cara Cepat Bersihkan Sofa di Rumah yang Sudah Kotor

Cara Cepat Bersihkan Sofa di Rumah yang Sudah Kotor

Sofa di rumah yang kotor mungkin akan jadi masalah jika tidak segera dibersihkan. Nah sambil menunggu jasa cuci sofa, tidak ada salahnya Anda melakukan penanganan dini agar noda dan kotor pada sofa tidak semakin menyebar. Berikut beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan ya!

  1. Bersihkan dengan Vacum Cleaner

Ketika Anda membersihkan rumah menggunakan vacuum cleaner, sebaiknya jangan lupa menghisap kotoran maupun debu yang mana bersarang pada bahan sofa. Bukan hanya pada permukaan bahan di sofa saja ya, dudukan sofa, bagian dalam, dan sela-sela sofa  pun perlu dibersihkan menggunakan vacuum cleaner.

Vacuum cleaner tipe atau jenis handheld mungkin bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda membersihkan dan menyedot kotoran hingga bagian pada sisi yang tergolong sulit dijangkau. Dengan begitu debu akan hilang.

  1. Larutan Detergen, Alkohol dan Air untuk Noda Pekat

Apabila noda berlemak yang menempel di bahan sofa, cara yang bisa digunakan untuk membersihkannya  juga cukup mudah. Anda hanya perlu mencampur air dengan bahan lain seperti detergen, laly tekankan campuran di bahan sofa yang mana terkena noda berlemak menggunakan lap atau spons. Usahakan agar tidak menggosok maupun menyikat bahan sofa.

Namun untuk noda-noda yang mana lebih kental, misalnya saja tinta, cat, serta darah jauh lebih sulit dibersihkan. Prosesnya juga bisa dimulai dengan cara mengeringkan noda menggunakan vacuum cleaner maupun hair dryer.

Kemudian campuran pembersih dimana terdiri atas air dan detergen dan ditambahkan alkohol. Lakukan cara sama seperti penjelasan sebelumnya ketika mengaplikasikan campuran pembersih di bahan sofa. Keringkan menggunakan lap kering.

  1. Campuran Air dan Cuka

Bahan cuka mengandung zat asam klorin di mana mampu menghilangkan noda yang membandel secara lebih efektif. Oleh sebab itu, jika noda yang ada di sofa tidak juga hilang, Anda perlu mengganti campuran pembersih menggunakan larutan cuka dan air. Ulangi beberapa kali hingga noda benar-benar hilang dari sofa.

Seusai dikeringkan sofa yang dibersihkan bisa diuap memakai setrika uap. Cara yang satu juga dapat menghilangkan bau amis di mana bau tersebut menempel di bahan sofa. Apabila noda yang ada di bahan sofa tidak kunjung hilang juga, pakailah cairan pembersih khusus.

Agar Anda bisa memastikan cairan pembersih dari bahan sofa tidak akan melunturkan warna, semprotkan sofa di bagian dalam. Cairan pembersih aman bagi bahan sofa akan diformulasikan secara khusus yang mana bisa digunakan untuk membersihkan pelapis dengan kain, kulit, kanvas, serta kayu. Jangan sampai Anda salah membeli.

Di atas adalah beberapa cara yang mana bisa Anda gunakan untuk membersihkan sofa sendiri di rumah. Namun jika noda yang ada pada sofa tidak kunjung bersih maka Anda bisa menghubungi jasa cuci sofa. Jasa ini tentunya memiliki bahan dan trik sendiri saat membersihkan sofa rumah Anda yang kotor.

shares