6 Jenis Alergi yang Sering Menyerang Anak

Jenis Alergi yang Sering Menyerang Anak

Secara umum, alergi terjadi karena adanya reaksi tidak normal pada sistem kekebalan tubuh. Alergi terdiri dari beberapa jenis, ada yang tidak berbahaya dan ada juga yang berbahaya bagi penderitanya.

Hingga saat ini, para ahli belum menemukan faktor utama penyebab alergi, meskipun alergi juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Alergi bisa datang kapan saja lalu menghilang. Seseorang akan mengalami gejala alergi ketika sistem kekebalan tubuhnya bereaksi berlebihan saat mendeteksi adanya zat asing atau zat yang berbahaya masuk ke dalam tubuh.

Pada umumnya, alergi tidak berdampak serius pada penderitanya. Akan tetapi, dalam beberapa kasus yang parah, ada juga alergi yang berakibat fatal pada penderitanya.

Alergi yang terjadi pada anak tidak dapat disembuhkan secara langsung. Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab alergi dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Jenis-jenis Alergi pada Anak

Berikut ini beberapa jenis alergi yang sering terjadi pada anak serta pemicunya bersumber dari web CekAlergi.com.

  1. Alergi Makanan

Alergi makanan biasanya dialami oleh bayi atau anak kecil. Sebagian besar penyebabnya berasal dari protein susu sapi, telur, gandum, dan kacang kedelai. Gejala umum jika anak mengalami alergi makanan ialah keram perut, mual, dan diare. Akan tetapi, pada kasus yang parah, anak bisa saja mengalami muntah, pembengkakan pada wajah dan lidah, pusing, berkeringat, dan pingsan.

  1. Alergi Saluran Pernafasan

Gejala umum jika anak mengalami alergi pada saluran pernafasan diantaranya mata berair, gatal pada hidung dan tenggorokan, serta batuk dan bersin-bersin. Penyebab alergi saluran pernafasan bisa bermacam-macam, seperti serbuk sari, debu, dan spora jamur.

  1. Alergi Asma

Alergi asma bisa disebabkan oleh berbagai faktor pemicu asma, seperti virus, paparan dari lingkungan, bulu binatang, dan kutu debu.

  1. Alergi Kulit

Alergi kulit belum diketahui pasti penyebabnya. Akan tetapi, kemungkinan besar, alergi ini disebabkan oleh kombinasi dari beberapa kondisi seperti paparan langsung kulit dengan alergen, lemahnya sistem imun, dan gangguan fungsi kulit. Zat pemicu alergi kulit sangat beragam seperti serbuk sari, krim yang dioleskan ke kulit, hingga produk pembersih yang mengandung zat tertentu. Gejala alergi kulit yang sangat mudah diketahui adalah adanya biduran, yaitu kondisi kulit yang tampak memerah dengan jangkauan yang beragam, mulai dari titik yang kecil hingga yang besar.

  1. Aleregi Obat-obatan

Pemicu alergi obat-obatan adalah penisilin yang terdapat dalam obat antibiotik. Akan tetapi, pemicu alergi ini tidah hanya sebatas kategori obat antibiotik saja. Pemuci alergi ini juga mungkin terjadi oleh kategori obat-obatan lainnya. Gejala alergi obat-obatan seperti ruam kulit, gatal-gatal, demam, napas berbunyi, dan mata berair.

  1. Alergi Serangga

Beberapa studi menujukkan bahwa penderita alergi makanan, obat, dan saluran pernafasan, rentan mengalami alergi sengatan serangga. Alergi ini besar kemungkinan disebabkan oleh racun serangga seperti lebah dan semut api. Namun, bisa juga disebabkan oleh pemicu alergi yang ada pada serangga tersebut.

Alergi pada setiap anak berbeda-beda. Untuk mengenali jenis alergi yang dialami oleh si kecil, Anda harus mengetahui gejala-gejalanya. Alergi terjadi karena adanya respon berlebih dari sistem kekebalan tubuh yang dipicu oleh zat penyebab alergi (alergen) meskipun terkadang zat tersebut tidak berbahaya bagi tubuh. Ada kondisi ini, sistem kekebalan tubuh akan menyerang alergen lalu dampaknya ialah munculnya gejala-gejala alergi pada tubuh anak.

Hingga saat ini, alergi belum bisa disembuhkan secara total, karena alergi bisa datang dan menghilang. Namun, alergi dapat dikendalikan agar tidak kambuh kembali. Ibu harus mengetahui apa penyebab alergi yang terjadi pada si kecil. Jika Anda sudah mengetahui apa saja pemuci alergi pada anak Anda, maka usahakan untuk menghindarkan si kecil dari mengosumsi atau kontak langsung dengan pemicu alergi.

shares