5 Media Pemasaran Offline yang Masih Berfungsi

Media Pemasaran Offline yang Masih Berfungsi

Pemasaran via media sosial memang begitu booming di era digital seperti sekarang ini. Namun, bukan berarti promosi offline sama sekali tak bisa diandalkan, loh! Apalagi jika mengingat promosi secara offline, misalnya dengan cetak x banner untuk promosi, terbilang tak begitu menguras dana. Penasaran dengan apa saja media promosi offline yang masih tangguh untuk dipakai promosi?

  • Hadirkan Event Khusus untuk Mempromosikan Produk

Jika waktu dan tempat memungkinkan, Anda bisa mengadakan event khusus untuk mempromosikan produk Anda, loh! Jangan khawatir, Anda bisa mulai dengan event skala kecil yang diadakan di rumah, dengan tamu yang bahkan tak lebih dari belasan orang. Nah, di event ini, Anda bisa langsung mendemokan produk yang ingin Anda jual kepada mereka.

Agar mereka lebih tertarik untuk membeli, Anda bisa hadirkan hadiah atau doorprize bagi tamu terpilih. Misalnya saja, jika ada tamu yang membeli di event tersebut, maka ia akan mendapatkan diskon khusus. Cara seperti ini terbilang lebih memacu keinginan seseorang untuk membeli produk tersebut pada saat itu juga.

  • Membuka Stand di Tempat Umum

Jemputlah bola dengan membuka stand promosi produk Anda di tempat umum, yang tentu saja banyak orang yang akan melihatnya. Anda juga bisa membuka stand saat diadakannya event khusus, yang bakal mengumpulkan banyak orang. Rancang stand Anda semenarik mungkin, sehingga orang tertarik untuk singgah dan nantinya berujung dengan membeli produk Anda.

Penempatan banner berisikan gambar produk di depan stand juga akan lebih cepat menarik perhatian calon konsumen. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk cetak x banner dulu, sebelum membuka stand. Lalu, jika misalnya Anda menjual produk makanan, tak ada salahnya jika Anda tawarkan tester pada calon konsumen yang singgah di stand Anda.

  • Berpartisipasi Menjadi Sponsor dalam Sebuah Acara

Jika dana memungkinkan, Anda bisa mengajukan tawaran kerja sama dengan penyelenggara sebuah event, untuk menjadi sponsornya. Misalnya saja, Anda yang punya usaha di bidang pembuatan tas, bisa berpartisipasi dalam pengadaan goodie bag di event tersebut. Dengan logo yang tertera di goodie bag tersebut, maka akan membantu promosi untuk produk Anda.

  • Sebarkan Brosur dengan Desain dan Informasi yang Menarik

Walau terbilang jadul, namun brosur masih bisa diandalkan untuk memasarkan produk, loh! Namun, tentu saja Anda harus memastikan bahwa brosur yang Anda sebar itu bisa menarik perhatian orang yang mendapatkannya. Desainlah brosur tersebut dengan seunik mungkin, lalu sertakan informasi yang membuat orang yang mendapatkannya tertarik untuk membacanya.

  • Baliho yang Dipasang di Tempat Strategis

Jika bujet memadai, maka Anda bisa pilih opsi pemasaran dengan menggunakan baliho. Buatlah desain baliho yang unik, sehingga walaupun hanya bisa dilihat dalam waktu singkat oleh orang yang melewatinya, namun bisa membuat produk Anda dikenal. Jangan lupa, pilihlah tempat pemasangan baliho yang strategis.

Siapa bilang promosi melalui media offline sudah tak bisa lagi diandalkan? Penggunaan media offline seperti dengan cetak x banner atau baliho akan bisa menarik perhatian calon konsumen, asalkan memiliki desain menarik dan membuat penasaran. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menggunakan media offline ini untuk mempromosikan produk Anda.